Langsung ke konten utama

Dedicated Hosting Server

Apa itu Dedicated Hosting?



Dedicated hosting server merupakan server yang disediakan sendiri oleh user atau disewa dari jasa pemilik server pusat. Secara mendasar, dedicated server termasuk jenis server pribadi yang hanya digunakan sebagai tempat menyimpan blog/web dengan kunjungan yang extrim, sehingga mampu menangani beban yang sangat tinggi dan melayani jumlah pengunjung yang di atas level jutaan. Layanan hosting khusus menawarkan ruang dan bandwidth untuk host website di server. Dedicate server tersedia di unix atau Linux atau Server Windows dengan kinerja dan keamanan yang lebih tinggi. Layanan dedicated server pada dasarnya digunakan untuk mengelola dan memelihara server, backup data, memonitor lalu lintas server, mengakses dukungan teknis.


Prosedur memilih Dedicated Hosting Server.

1.Aspek harga
Harga mahal bukanlah indikator kualitas sebuah layanan dan harga murah juga tidak selalu berujung faktor murahan. Pilihlah penyedia hosting yang menawarkan harga terbaik dengan layanan yang sudah teruji.

2.Aspek spesifikasi server
Beberapa penyedia layanan dedicated hosting telah mengaplikasikan teknologi cloud VPS parallel untuk server yang digunakan dalam melakukan kustomisasi modul server menggunakan dukungan CPanel. Oleh sebab itu, kita harus memastikan bahwa spesifikasi server yang digunakan berbeda dengan layanan hosting lainnya.

3.Aspek kapasitas memori
Memori yang mendukung website mampu memberikan peforma terbaik ketika memilih layanan dedicated hosting untuk website. Kecepatan akses merupakan salah satu aspek terpenting. Kita juga harus memastikan RAM yang cukup dan sesuai dengan kebutuhan website.

4.Aspek keamanan
Kita harus mencari layanan hosting dengan tingkat keamanan yang tinggi, apalagi jika berupa e-commerce yang memiliki banyak data penting.

5.Aspek  dukungan teknis
Pengguna dedicated hosting adalah user yang memiliki website kelas premium, sehingga cocok untuk mendapat prioritas pelayanan. Tentukan pilihan layanan hosting yang mampu memberikan dukungan teknis terbaik.


Kelebihan Dedicated hosting server :

1.Akses penuh.
Dedicated server memeberikan kebebasan kepada penyewa untuk memiliki hak akses yang dimiliki 100%.

2.Aman.
Apabila terjadi kerusakan pada server, Anda tidak bertanggung jawab pada kerusakan tersebut. Sehingga sangat aman bagi Anda untuk mengoperasikan Dedicated Server tersebut.

3.Efektif, bisa menggunakan remote.
penyewa bisa mengontrol server menggunakan remote saja. Dan tidak perlu melakukan pengawasan pada fisik server secara langsung. Sehingga tidak akan merepotkan atau membebani anda selama mengelola website.

4.tidak terganggu aktifitas lain.
Ketika menunggunakan Dedicated server, anda tidak perlu merasa terganggu dengan klien yang lain, Sebab hosting dengan jenis Dedicated Server hanya digunakan oleh 1 orang pengguna saja. Jadi, tidak akan mengganggu kinerja website apabila sewaktu-waktu jumlah pengunjungnya meningkat. Hosting ini juga memungkinkan penggunanya untuk mengelola banyak domain pada satu server yang dimiliki.


Kekurangan Dedicated server : 

1.Harganya mahal.
Biaya yang dibutuhkan melakukan masuk ke dalam kategori mahal. Semakin tinggi spesifikasi server yang diinginkan maka semakin mahal pula harganya.

2.Harus memahami cara kerja dedicated hosting server.
Penyewa harus memahami kinerja dan cara kontrol server. Hal tersebut sangat penting agar Anda bisa mengelola dedicated server dengan maksimal. Dan juga memiliki banyak pengaturan sehingga harus benar benar memahami mengelola dedicated hosting.


Komentar